Ahmadinejad Ingin Jadi Astronot Pertama di Iran

lt;/div>

Koran Komplit, Teheran - Presiden Iran Mahmoud Ahmadinejad mengatakan bahwa dirinya siap untuk mengambil risiko menjadi astronot Iran pertama yang dikirim ke luar angkasa sebagai bagian dari rencana besar negara tersebut yang ingin mengirimkan pesawat berawak ke luar angkasa.

"Saya siap untuk menjadi orang Iran pertama yang mengorbankan diri untuk ilmuwan negara saya," tegas Ahmadinejad seperti dikutip kantor berita resmi Iran, IRNA.

Sebenarnya sudah pernah ada warga Iran yang ke luar angkasa, namun sebagai turis biasa tanpa ada kepentingan ilmiah. Ia adalah Anousheh Ansari yang menggunakan sebuah kapsul Soyuz TMA-9 dari Baykonur, Kazakhastan, pada September 2006 silam.

Perempuan yang berprofesi sebagai pengusaha itu dikabarkan membayar hingga US$20 juta untuk mengunjungi stasiun luar angkasa. Perjalanannya menjadi inspirasi bagi kaum perempuan di Iran dimana negara tersebut lebih didominasi oleh kaum laki-laki.

Iran sebelumnya telah mengirim monyet ke luar angkasa dan mengklaim misinya sukses. Namun banyak yang meragukan kebenarannya, karena setelah roketnya mendarat monyet tersebut ditampilkan dengan rupa yang terlihat berbeda dibanding monyet sebelum roket diluncurkan.

Staf Badan Luar Angkasa Iran mengatakan akan meluncurkan roket dengan ukuran yang lebih mumpuni untuk dapat membawa hewan yang lebih besar, agar mendapat jaminan keselamatan sebelum nantinya mengirim manusia ke ruang angkasa, seperti diwartakan AssociatedPress.

Menteri Pertahanan Iran Ahmad Vahidi mengatakan, Iran akan segera mengirimkan satelit ke luar angkasa dari Imam Khomeini Space Center yang kini masih dibangun.

Mereka ingin menggunakan satelit tersebut untuk memantau bencana alam yang sering terjadi, meningkatkan telekomunikasi dan memperluas surveillance militer di wilayah mereka. [ikh]




sumber:inilah.com

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Berkomentarlah yang cerdas dan santun no spam sesuaikan dengan apa yang anda baca dan lihat